Panti Asuhan Don Bosco Surabaya
Halaman Depan Hubungi Panti Asuhan Don Bosco
Profil Panti
Pengelola
Dari Masa Ke Masa
Data Anak Panti
Fasilitas
Peraturan
Kegiatan Anak
Jadwal Harian
Kegiatan Ekstra
Berbagi dan Solidaritas
Kegiatan Lainnya
Pengasuh & Pendamping
Data Karyawan
Kegiatan Karyawan
Nominasi
Serba-Serbi
Tanggapan Anak Eks Don Bosco
Tanggapan Masyarakat
Sharing Mereka yang Telah Berhasil
Berdampingan dengan Panti Lain
Warta Berita Panti
Narasi

PANTI ASUHAN DON BOSCO BERDAMPINGAN DENGAN PANTI LAIN (FKPA)

Kami Belajar bersama dengan Panti-Panti lain supaya dapat supaya mendampingi anak-anak asuh kami dengan lebih baik.



Kami menyadari bahwa setiap kegiatan dan pelatihan yang kami ikut sangat berpengaruh besar dalam usaha dan cara-cara kami dalam mendampingi anak - anak, pengalaman yang kami dapat dari rekan-rekan yang mendampingi anak-anak di Panti lain menjadi sungguh-sungguh memberi pengertian dan pemahaman yang baru untuk semakin meningkatkan semangat dan motivasi kami dalam pelayanan.


Pertemuan FKPA Jatim Bali 2007



Melalui proses refleksi kritis itulah, kami sebagai peserta semakin dibawa pada pencerahan-pecerahan dibawah ini:
  • Proses pembelajaran sebagai pendamping, entah sebagai pendidik, konselor maupun terapis semakin kami sadari pentingnya untuk terus menerus dikembangkan demi peningkatan mutu pelayanan yang manusiawi.
  • Dalam keterbatasannya, kami sebagai pendamping merasa sungguh dikuatkan, diteguhkan melalui sharing pengalaman yang memperkaya, melayani anak asuh dan para lansia sepertinya halnya melayani Tuhan sendiri.
  • Kami semakin menyadari bahwa pelayanan dan perlindungan merupakan tugas central sebuah panti yang harus dikelola secara profesional dan didukung system organisasi dan menejemen yang baik.


Pertemuan FKPA di Jakarta 2008



  • Pendampingan adalah sebuah seni dan proses proaktif suatu komunikasi, koordinasi, organisasi dan pelayanan yang harus senantiasa dievaluasi, direfleksi dan dikembangkan lebih lanjut dalam konteks tantangan jamannya.
  • Kami juga semakin disadarkan bahwa anak atau penghuni panti bukanlah milik kami, melainkan pribadi yang dititipkan kepada kami untuk kami dampingi hingga seluruh bakat dan talentanya bisa berkembang dengan baik.
  • Dalam pengembangan lebih lanjut, berkaitan dengan pelatihan profesionalitas pendampingan, peran koordinator wilayah maupun dukungan lembaga cukup penting.
  • Sebagai pendamping, kami sadar bahwa kami tetap terbatas di dalam pendampingan, juga di dalam ratio jumlah dampingan, oleh karena itu kami tetap mengharapkan ratio jumlah dampingan yang wajar, juga kegiatan olah rohani, retret maupun doa bersama maupun pelatihan untuk makin meneguhkan pelayanan ini.
  • Di samping itu, kami sadar bahwa hidup kami ada dari dan untuk panti terkait dengannya kami berharap hidup layak bagi anak dan keluarga kami agar pelayanan inipun makin bermutu.

Seluruh pengalaman di atas tidak lepas dari peran berbagai nara sumber yang mengajak kami mengolah pengalaman kami. Dari sisi spiritualitas justru makin mengundang kami masuk dalam refleksi kritis mengenai ekaristi sebagai sumber inpsirasi seperti Tuhan Yesus yang mempersembahkan dirinya secara total kepada BapaNya. Kondisi sosial maraknya kekerasan pada anak membawa kami pada kondisi real yang kami hadapi. Anak-anak panti yang kami hadapi tidak jarang berasal dari situasi kekerasan itu. Itulah tantangan yang ada. Namun kami juga diteguhkan oleh sharing pengalaman iman. Tuhan tidak pernah tinggal diam dalam seluruh kesulitan yang kami hadapi.

Kami juga diajak untuk mengolah diri dalam sisi kejiwaan kami sebagai pendamping. Adakah motif-motif diri kami pribadi yang justru mengaburkan motif altruistik bagi pendampingan anak-anak kami. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pendamping perlu untuk terus-menerus mengolah kecerdasan spiritual diri pribadinya. Kami diajak untuk semakin arif dalam pendampingan bagi anak dan penghuni panti. Ketika Tuhanpun semakin kami sadari mencintai kami secara total, maka kamipun tetap ingin mencintai anak dan penghuni panti. Karena betapapun materialnya pelayanan sosial kami, pada saat yang sama adalah juga pelayanan kasih.





Daftarkan alamat email Anda, agar dapat update dari web ini:





Kami keluarga besar Panti Asuhan Don Bosco mengucapkan banyak terima kasih atas segala kemurahan hati para dermawan yang telah membantu kami. Tuhan memberkati.